Rabu, 06 Mei 2009

KENAL LEBIH DEKAT TENTANG BACAAN AL-QURAN

Kenal lebih dekat bacaan Quran
Disaat membaca dari surat awal yaitu al fatihah hingga dengan surat yang terakhir yaitu an naas, pernah ga kita sadari bahwa dari ayat-ayat yang dibaca itu ada beberapa ayat-ayat yg tidak bisa dibaca kecuali dipelajari secara bertalaqqi, berhadapan langsung atau melihat secara lansung bagaimana seseorang atau guru kita mengucapkannya.
diantara hal-hal penting didalam ayat ghoribah yaitu
1. saktah
saktah adalah berhenti sejenak ketika mebaca quran tanpa bernafas selama 2 harokat.
saktah ditemukan dibeberapa surat yakni :
surat alkahfi akhir ayat pertama , awal ayat kedua. terdapat diantara ayat " ‘iwajaa "
dan "qoyyima" . Disaat kita membacanya, ayat ini tidak bisa disambung. Tetapi
mengucapkan ‘iwaja kemudian berhenti sejenak tanpa bernafas selama 2 harokat baru
mengucapkan qoyyima.
surat yasiin ayat 52 . pada ayat " mimar qodinaa (saktah) haadza maa .. "
surat al qiyamah ayat 27 . pada ayat "wa qii laman (saktah) rooq "
dan terakhir pada surat almuthofifin ayat 14. pada ayat " kalla bal (saktah) roona
‘ala qulubihim …"
2. imalah
Terdapat pada surat hud ayat 41. pada ayat " bismillahimajrooha " . huruf ro berharokat fathah dibaca miring ke kasroh. menjadi " bismillahimajreeha " . Lihat perbedaan bunyi huruf roo menjadi ree .
3. isymam
Isymam adalah menampakkan dhommah yang terbuang dengan isyarat bibir.
Terdapat pada surat Yusuf ayat 11 . Pada ayat " lata’manna " . Ketika membaca lata’manna pada saat di nun, bibir kita dimonyongkan atau dimajukan kedepan.
4. tashil
tashil adalah pengucapan hamzah yang kedua diantara sifat hamzah dengan alif. terdaapt pada surat Fushilat ayat 44. Pada ayat " a a’jamiyyun" dibaca " a ha’jamiyyun ".
5. naql
Naql adalah memindahkan harokat hamzah ke huruf sukun sebelumnya. Terdapat pada surat hujurat ayat 11. Pada ayat " bi’sal ismu " dibaca " bi’salismu " .
kalaupun lupa mana yang dibaca saktah, isymam atau lainnya, biasanya ada tulisan kecil diantara ayat tersebut. Contohnya pada surat al Kahfi akhir ayat 1 terdapat tulisan saktah dalam huruf arab. Kalaupun tidak langsung pada ayatnya, biasanya juga berbentuk simbol dan keterangan dari simbol tersebut berada di pinggir halaman.
inilah diantara hal-hal penting didalam ayat ghoribah. agar mendapat penjelasan yang lebih detail dan mudah dipahami, disarankan agar bertanya kepada ustadz terdekat. atau bisa mengikuti tahsinul quran (pembelajaran baca quran). atau membeli vcd / mp3 cara membaca quran yang tersedia di toko - toko penjualan buku - buku islam dsb .

1 komentar: