Jumat, 20 Maret 2009

Membasmi virus dalam ponsel

Perkembangan tekhnologi informasi telah semakin maju apalagi dengan hadirnya ponsel-ponsel yang telah memiliki OS (operation System) maka fungsi ponsel hampir mendekati fungsi PC. Rupanya perkembangan ponsel ini menjadi sarana baru penyebaran virus-virus ponsel melalui sarana blotooth yang sudah tertanam dalam ponsel.

Ponsel ponsel yang paling sering terinfeksi virus adalah jenis-jenis smartphone yang ber OS SYmbian dan biasanya ada dalam ponsel-ponsel keluaran Nokia dalam jenis WD2, dan BB5 seperti 3650, 3660, 6600, 7610 ngage N70, 3660 dan masih banyak seri2 yang lain.

Ada banyak jenis virus yang biasa menyerang ponsel-ponsel tersebut diantaranya adalah Trojan, Commwarrior, dan yang terbaru adalah virus rommwar. masing-masing virus memiliki kinerja yang berbeda2 mulai dari cuma mengganggu kinerja ponsel sampai membuat ponsel tidak dapat melakukan booting atau star up atau tidak dapat di hidupkan.

a. Trojan

biasanya virus ini hanya bersifat mengganggu saja, dia dapat mengubah icon2 dalam ponsel kita menjadi icon dengan gambar tengkorak.

b. commwarrior

jenis virus ini akan terus menerus mengirimkan file jika menemukan blotooht yang sedang aktif dan akan menulari ponsel yang meng accep kiriman blotooh dari ponsel yang telah terinfeksi commwarior tersebut. dalam varian jenis terbarunya commwarior dapat mengubah tampilan logo operator dengan tulisan "infected by commwarrior" berwarna hijau.

c. Rommwarr

jenis virus ini termasuk mematikan karena dapat mematikan kinerja pada starup ponsel sehingga ponsel tidak dapat di hidupkan dengan mudah. jenis virus ini akan merestart ponsel anda secara periodik. tombol power tidak akan berfungsi karena virus menghalangi booting awal ponsel.

Apabila ponsel kita telah terinfeksi virus2 tersebut segera lakukan pertolongan pada ponsel dengan menghafus file-file yang kita curigai terinfeksi firus tersebut, jika ponsel masih saja bermasalah segera lakukan Hard Reset atau dengan menekan *#7370# kemudian ponsel akan meminta phone code, jika masih standard atau belum diganti phone codenya adalah 12345 namun jika sudah di ganti masukan saja kode baru tersebut. Ponsel akan melakukan restart dan akan mengembalikan setingan ponsel seperti setingan awal. Jika ponsel sudah tidak dapat dihidupkan kembali, hanya muncul nokia saja maka lakukan format 3 jari dengan cara menekan tombol power kemudian setelah lampu meyala tekan tombol * Call dan angka 3 secara bersama-sama, ponsel akan melakukan format… tunggu sampai proses formating selesai, maka Ponsel kamu sudah bebas dari viruz2 menjengkelkan tersebut. sebelum melakukan hard reset ataupun formating format juga MMCnya terlebih dahulu dari ponsel ataupun dari PC karena virus tersebut biasanya juga telah beendemi dalam MMC kamu….

perlu di ingat malakukan hard reset ataupun formating akan menghapus semua data2 dalam ponsel maka ada baiknya untuk membackup data2 di ponsel anda sebelum mengeksekusi ……

Tidak ada komentar:

Posting Komentar